18-09-2018

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Pemanfaatan Limbah Industri PT Kutai Timber Indonesia

PT Kutai Timber Indonesia bersama dengan Pemkot Probolinggo telah menyiapkan program CSR di bidang pemberdayaan masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelestarian dan meningkatkan taraf perekonomian tanpa harus merubah kondisi alam dengan cara yang tidak ramah lingkungan.

Probolinggo –  Melalui program Corporate Social Responsibility atau yang sering disebut dengan CSR, PT Kutai Timber Indonesia selaku perusahaan manufacture kayu penghasil plywood, woodworking dan particle board memberikan kontribusinya dalam pemberdayaan masyarakat salah satunya adalah UMKM Black Wood Craft Indonesia.

UMKM Black Wood Craft Indonesia adalah kelompok pengrajin asal Kota Probolinggo yang menghasilkan berbagai macam kerajinan yang memanfaatkan berbagai sisa kayu. Kerajinan tersebut diantaranya adalah lukisan pirografi 3 Dimensi. Lukisan pirografi ini dibuat dengan tema-tema yang berkaitan dengan lingkungan di Kota Probolinggo, sehingga dapat menjadi media promosi kota Probolinggo untuk menarik wisatawan domestik maupun mancanegara. Lukisan ini pun dijadikan Pemkot Probolinggo sebagai hadiah atau kenang-kenangan kepada tamu yang datang ke Probolinggo. Selain itu, berbagai pesanan pun datang dari berbagai daerah seperti Kalimantan Selatan, Jakarta, Surabaya bahkan Jepang.

Melalui program CSR bidang pemberdaan masyarakat (COMDEV) PT KTI memberikan bahan dasar berupa sampah non B3 antara lain potongan plywood, mukisin (hati kayu), potongan bare core dan serbuk sengon. Selain itu juga pemberian sarana kerja seperti potongan sandpaper dan hand sanding.

“Untuk bahan ini dari limbah PT KTI. Bahkan ampelas sandpaper juga dari PT KTI. Karena kami bermitra dengan mereka. Bahkan dalam sebulan kami dijatah 3 kubik.” Papar Agustinus Eko Nurwidayanto, selaku pemilik UMKM Lukisan Pirografi 3D (dikutip dari Artikel Radar Bromo 12 September 2018).

“Bahan baku gratis. Berapapun yang diminta, diantar. Kami diminta hanya menghitung dana yang didapat dari membuat kerajinan atau seni yang berasal dari limbah KTI.” Tambahnya. (dikutip dari m.jatimtimes.com).

Program CSR ini bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat khususnya bagi masyarakat Kota Probolinggo. Bahan dasar yang diberikan oleh PT KTI diberikan kepada masyarakat untuk diolah dan dapat menjadikan sumber penghasilan bagi masyarakat. Pendapatan yang diperoleh dari program CSR tersebut dimiliki seutuhnya oleh Masyarakat.

Diharapkan dengan adanya lukisan pirografi 3D ini, akan bermunculan kerajinan-kerajinan ramah lingkungan lain yang memanfaatkan bahan dasar kayu dan serpihan kayu, sehingga dapat menjadi daya tarik dan menciptakan lapangan pekerjaan baru di kota Probolinggo.

PT KTI masih memiliki beberapa program CSR yang tengah dipersiapkan bersama pemerintah Kota Probolinggo dan segenap stake holder untuk bersama-sama menjaga kelestarian dan meningkatkan taraf perekonomian tanpa harus merubah kondisi alam dengan cara yang tidak ramah lingkungan.

13-09-2018

PT Kutai Timber Indonesia Bersama Karyawan Meramaikan Acara HUT RI Ke-73

NEXT NEWS