15-07-2021

Jaga Kualitas Lingkungan dan Biodiversitas Ekosistem, PT KTI Tanam 1000 Mangrove

PT KTI Berkomitmen untuk konsisten memelihara lingkungan di Sekitar Kota Probolinggo dengan mengajak masyarkat, LSM dan pihak-pihak lain untuk menanam 1000 pohon mangrove di Pantai Permata Pilang Probolinggo

Probolinggo – PT Kutai Timber Indonesia melalui CSR Peduli Lingkungan melakukan penanaman 1000 Mangrove di Pantai Permata, Kota Probolinggo. Kegiatan penanaman mangrove dilakukan pada tanggal 27 Maret 2021, selain itu PT KTI mengajak masyarakat yang tergabung dalam POKMASWAS “Pilang Lestari”, POKDARWIS Pantai Permata, POKDARWIS Bumi Pesona Randu, POKDARWIS Sumber Sentong,  dan juga Dinas Lingkungan Hidup Kota Probolinggo untuk ikut berpartisipasi dalam acara penanaman ini.

 

Kegiatan penanaman 1000 mangrove ini merupakan bentuk kontribusi PT KTI kepada lingkungan yang bertujuan meningkatkan kualitas lingkungan dan biodiversitas ekosistem pantai permata, Kota Probolinggo.  Jenis mangrove yang ditanam ada 2 yaitu Rhizopora dan Avicennia yg biasa ditemukan di sepanjang pantai Probolinggo.

 

Selain dapat mencegah terjadinya abrasi pada pantai, mangrove juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dengan cara mengolah buah mangrove menjadi tepung mangrove dan kopi mangrove. Salah satu UMKM binaan PT KTI telah membuat mangrove menjadi produk yang bernilai tinggi. Harapanya dengan kegiatan ini, semakin banyak kegiatan penanaman yang dibuat oleh masyarakat untuk meningkatkan kualitas lingkungan di Kota Probolinggo. 

 

Jajaran Management PT KTI diwakili oleh Bapak H.M Firdaus Dja’far selaku Executive Officer PT KTI juga turut berpartisipasi dalam kegiatan menanam 1000 pohon mangrove ini. Beliau mengungkapkan bahwa kegiatan ini sudah dilakukan PT KTI beberapa tahun terakhir baik secara mandiri maupun dengan mengajak pihak-pihak lain untuk sama-sama ikut membudidayakan kebiasan menanam. Tujuan program ini adalah untuk menjaga kelestarian dan untuk mengedukasi pada generasi penerus, bawasanya menanam juga akan memberikan hasil di kemudian hari. Pak Firdaus juga berharap program seperti ini terus berjalan dan menjamah seluruh sumber-sumber yang harus dipelihara di seluruh wilayah Probolinggo.

15-07-2021

Pemulihan Masyarakat di Lumajang Pasca Bencana Longsor Lumajang oleh KTI PEDULI

NEXT NEWS